Breaking News

Penandatanganan Kerja Sama KPU dan Polda Papua, Langkah Awal Sukseskan Pilkada 2024

GROUPMEDIACENTER.COM-Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., menandatangani perjanjian kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Selatan dengan Polda Papua dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024. Acara tersebut digelar di Fox Hotel Kota Jayapura pada hari Rabu (10/7).

Acara penandatanganan ini dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Papua Selatan, Theresia Mahuse, Para Pejabat Utama Polda Papua, serta anggota pengurus KPU Provinsi Papua Selatan. 

Dalam sambutannya, Theresia Mahuse menegaskan pentingnya kerja sama ini mengingat Pilkada tahun 2024 merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh Provinsi Papua Selatan sebagai provinsi baru.

"Kami melaksanakan Pilkada secara mandiri untuk pertama kalinya sebagai provinsi baru. Meski waktu persiapan sangat singkat, kami berusaha maksimal demi keberhasilan Papua Selatan. Pengamanan bukan hanya saat pemungutan suara, tetapi juga di setiap tahapan," ujar Theresia.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Polda Papua atas dukungan dan bantuan selama proses Pemilu serentak pada 14 Februari lalu, yang berjalan aman dan lancar meski terdapat beberapa gejolak. 

"Dalam proses pengamanan, Kepolisian harus mengetahui kekuatan kami selaku KPU untuk menyiapkan personel terkait pengamanan pada pelaksanaan Pilkada," tambahnya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga integritas dan kerja sama antara KPU dan Polri untuk menjamin keamanan dan kelancaran seluruh tahapan Pilkada. 

"Mari kita jaga integritas kita bersama. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari MOU antara KPU RI dan Kepolisian Republik Indonesia tahun 2022. Pemilu serentak tahun ini memiliki potensi ancaman yang harus kita kawal agar demokrasi berjalan lebih baik," katanya.

Mathius juga menyatakan bahwa Pilkada ini adalah pemilihan Gubernur pertama di Papua Selatan. Meski Papua Selatan dikenal aman, segala potensi ancaman harus dapat dieliminasi. 

"Saya berharap perjanjian kerja sama ini menjadi langkah awal dalam membangun silaturahmi, komunikasi, dan koordinasi antara KPU dan Polri untuk menghadapi tahapan Pilkada besok," tuturnya.

Ia menekankan pentingnya menghasilkan pemimpin yang memiliki moral baik untuk memimpin Papua dan mensejahterakan masyarakat. 

"Saya akan kawal kalian. Yakin dan percaya jika Polri dan KPU sudah bersinergi, proses Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik, berkualitas, dan berintegritas sehingga hasil Pilkada nanti memiliki legitimasi yang diterima oleh seluruh pihak," pungkas Mathius.

Kerja sama ini diharapkan dapat memastikan Pilkada 2024 di Papua Selatan berjalan dengan aman, lancar, dan sukses, serta membawa hasil yang lebih baik bagi masyarakat Papua Selatan.


Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close