Breaking News

Ali Kabiay: HAM Milik Semua Manusia, Termasuk Aparat TNI-Polri

GROUPMEDIACENTER.COM-Jayapura - Tokoh muda Papua, Ali Kabiay, menegaskan bahwa semua manusia yang pernah ada dan hidup di muka bumi ini memiliki Hak Asasi Manusia (HAM) yang sama. 

Pernyataan ini disampaikan sebagai tanggapan atas para penggiat HAM di Papua yang sering menyoroti aparat keamanan TNI-Polri terkait pelanggaran HAM namun jarang mengkritik pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Menurut Ali Kabiay, tokoh muda Papua berdarah asli Suku Saireri, HAM adalah sesuatu yang universal dan milik semua orang. 

“Semua manusia, termasuk aparat TNI-Polri, memiliki hak asasi manusia yang harus dihormati dan didukung oleh masyarakat. Bukan sebaliknya, hanya milik kalangan tertentu saja,” tegas Ali di Jayapura.

Ali Kabiay menyoroti kecenderungan para penggiat HAM yang lebih fokus pada tuduhan pelanggaran HAM oleh TNI-Polri, sementara pelanggaran yang nyata dan terjadi didepan mata kita yang dilakukan oleh KKB sering kali diabaikan.

“Yang sering kami lihat, peristiwa yang menimpa TNI-Polri dan masyarakat sipil sering kali diabaikan oleh para penggiat HAM. Padahal, TNI-Polri juga manusia yang punya hati,” kata Ali.

Ali menekankan pentingnya memahami dan menghormati Hak Asasi Manusia secara menyeluruh, tanpa pandang bulu. Menurutnya, para penggiat HAM harus angkat bicara mengenai segala peristiwa yang menimpa aparat TNI-Polri akibat Ulah KKB. karena HAM adalah sesuatu yang universal dan global milik semua manusia yang pernah lahir di bumi ini.

“Apapun peristiwa yang terjadi kepada aparat TNI-Polri, para penggiat HAM harus angkat bicara terkait hak asasi manusia karena HAM adalah universal dan global milik semua manusia yang pernah lahir di bumi ini,” tutup Ali Kabiay.

Ali Kabiay berharap agar pandangan mengenai hak asasi manusia dapat lebih adil dan menyeluruh, serta mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Papua.

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close