Breaking News

Peresmian Arsinum Pulau Bonetambu

GROUPMEDIACENTER.COM-Pulau Bonetambu adalah salah satu dari 12 pulau di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, yang dihuni oleh kurang lebih 800 jiwa.

Di TA. 2023 ini Dinas PU Kota Makassar bekerja sama dengan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN) membangun sarana Air Siap Minum (ARSINUM) untuk memenuhui kebutuhan air mnum masyarakat di kepulauan & pesisir, khususnya di Pulau Bonetambu.

ARSINUM sendiri adalah suatu proses penyulingan air dengan menggunakan teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang mengubah air laut yang asin menjadi tawar, yang tentunya memenuhi standar baku mutu sehingga dapat langsung diminum.

Sarana ARSINUM brkapasitas 5.000 liter perhari ini di resmikan Selasa, 9/11/2023 lalu oleh Wali Kota Mks yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang I: bapak Andi Irwan Bangsawan.
Dalam sambutannya, beliau berpesan agar sarana ini dapat di manfaatkn oleh seluruh masyarakat. Beliau juga menegaskan agar masyarakat tidak membuang sampah, khususnya sampah plastik ke laut, agar air laut sebagai sumber ARSINUM ini tetap terjaga kebersihannya.

Turut hadir dalam peresmian ARSINUM ini adalah ibu Yenni Bakhtiar, Kepala Pusat Pelayanan Teknologi bersama Tim Teknis BRIN. Dalam smbutannya, beliau mengungkapkan rasa syukur yang mendalam atas selesainya proyek ARSINUM di Pulau Bonetambu. Dan berharap kerjasama ini dapat terus brlanjut di tahun-tahun berikutnya.
.
Mewakili Kadis PU Kota Makasarl.?" bpk Denny Hidayat selaku Sekretaris Dinas menyampaikan bahw teknologi SWRO ini tidak murah. Oleh karena itu beliau sangat berharap masyarakat dapat memelihara sarana ini dengan baik. Yakni dengan membentuk Kelompok Pengelola & Penerima Manfaat (KPPM).

Dalam ksempatan ini pula, Camat Kep. Sangkarrang, bpk Ramli Lallo mnyampaikan permasalahan umum yang dihadapi oleh masyarakat pulau, yakni minimnya sarana Air Minum, Listrik & Sanitasi, khususnya Sampah. Beliau sangat berterima kasih kepada bapak Wali Kota Makassars Ramdhan Pomanto
-melalui Dinas PU telah membangun sarana ARSINUM di Pulau Bonetambu ini.

Secara terpisah, Kabid. Bina Teknik, Irma Yanti Ishak, berharap ke depannya sarana ARSINUM tidak lagi menggunakan genset, namun memanfaatkan cahaya matahari yang berlimpah sebagai pembangkit listrik solarcell.

2 sosok yang sangat berperan dalam pembangunan ARSINUM ini adalah PPTK Air Minum, ibu Nuraeni Bakiman & Tim Teknis BRIN di bawah koordinasi bpk Agus Rivai. Berkat semangat dan kerja keras seluruh tim, alhamdulillaah penduduk pulau Bonetambu dapat memenuhi kebutuhan air minum mereka.

Semoga dengan keberadaan  sarana ARSINUM dapat meningkatkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) Air Minum Kota Makassar.

Editor : Muh Ali (Buri)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close